Cara mengecek kampas kopling

Selamat malam para sobat blogger
pada kesempatan ini izinkan saya menshare informasi yang penting. Mungkin para sobat sudah paham mengenai informasi ini. Tapi saya ingin menshare selain untuk berbagi juga untuk catatan saya :D
yuk langsung aja ke tkp.

Sesuai judul yaitu Cara mengecek kampas kopling pada motor disini saya akan memberi tips untuk mengetahui apakah kampas kopling motor kita masih pantas / layak pakai atau tidak.

TIPS untuk mengetahu kampas bagus atau tidaknya :

1. Bisa dirasakan waktu memasukan gigi perseneling. Apabila terasa keras dan selip / kadang gagal masuk bearti harap cemas karna bisa jadi kampas kopling motor sudah tipis dan butuh diganti.



2. Untuk putaran mesin terasa berat setelah memasukan gigi perseneling. Biasanya terasa ngeden / nahan.

3. Bila diukur dengan jangka sorong ukuran normal kampas kopling yaitu 2.7mm. Minimal kampas masih bagus yakni 2.5mm. bila dibawah itu yakni 2.2 - 2.4 mm maka harus segera diganti karna itu sudah habis.

gambar pembongkaran bak koplingnya :


nah yang dibelakang mur baut itulah yang namanya kampas kopling :)

itu pembongkaran mesin motor saya kemarin waktu ganti kampas....Untuk penggantian kampas jangan yang biasa ya kalo bisa.


Jenis kampas kopling :

1. Kampas racing : Untuk penggunan balap jarak 100km aja tidak lebih dari itu.
2. Kampas Original : Untuk harian bertahan sampai kurang lebih 5 tahun.

Untuk per koplingny gunakan yang biasa ajah jangan racing karena akan mempercepat habisnya kampas.
untuk parts racing jangan sampai digunakan untuk harian karena sama sekali tidak cocok dan akan menguras kantong anda.
semoga berguna untuk anda 
sekian terimakasih :)
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

One Response to this post

  1. Iwan Sudjatmiko on 23 November 2013 pukul 04.04

    Nice sharing ... :)

Leave a comment